Minggu, 04 Juni 2017

BAGAIMANA CARA KERJA ASURANSI UNITLINK?

Asuransi unitlink dapat menjadi salah satu pilihan yang efektif bagi Anda karena skemanya yang dapat meringankan. Berikut adalah cara kerja asuransi unitlink :
  1. Premi yang Anda bayarkan akan digunakan untuk investasi.
  2. Nilai polis yang terbentuk pada asuransi unit link Anda, digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran.
  3. Setelah dikurangi biaya-biaya, nilai polis digunakan untuk berinvestasi.
  4. Berbicara investasi selalu ada tiga kemungkinan, yaitu investasinya meningkat (saldonya positif), investasinya tetal (saldo tetap) atau investasinya merugi (saldo berkurang). Jika hasil investasi bernilai negatif dan dana tersisa sudah tidak bisa membayarkan pengeluaran-pengeluaran, maka: perusahaan asuransi jiwa akan meminta Anda untuk melakukan penambahan dana(top up). Pembayaran tambahan di luar premi yang rutin dibayar.
  5. Jika hasil investasi bernilai positif, maka: Anda dapat gunakan untuk memenuhi tujuan keuangan atau Saldo dapat digunakan untuk membiayai biaya asuransi pada periode berikutnya.

Pada asuransi tradisional biasanya premi yang Anda bayarkan akan hangus jika tidak ada klaim dalam satu tahun. Dengan skema unitlink, premi yang dibayarkan tidak akan hangus tetapi akan terus diinvestasikan untuk menutupi premi asuransi selanjutnya. Tetapi pastikan Anda memahami bahwa asuransi unitlink adalah produk asuransi, bukan produk investasi. Investasi adalah bagian dari asuransi unitlink, artinya, investasi bukanlah prioritas dalam asuransi unitlink. Investasi hanya digunakan untuk meringankan beban premi asuransi sehingga Anda tidak perlu terus membayar. Jika Anda terus menarik hasil investasi dalam asuransi unitlink, lama-kelamaan unit Anda akan habis dan tidak bisa lagi menutupi premi dasar asuransi. Akhirnya Anda tetap harus membayar premi tambahan. Lebih buruknya lagi, jika Anda tidak membayar premi yang kurang, asuransi unitlink akan ditutup dan semua premi yang pernah dibayar akan hangus.

Kenali Kebutuhan Pribadi Anda : Beli Jika Memang Dibutuhkan

Setiap perusahaan wajib memberikan asuransi kepada karyawannya. Asuransi ini memang akan memberikan proteksi pada jumlah tertentu. Sebaiknya Anda tidak langsung puas dengan asuransi yang diberikan perusahaan. Pertimbangkan dulu berapa jumlah pertanggungan yang akan diberikan serta apakah Anda akan terus mendapatkan proteksi tersebut. Jika manfaat asuransi dirasa tidak mencukupi kebutuhan Anda, sebaiknya belilah asuransi pribadi tambahan.
Jangan sampai terlena dengan asuransi dari perusahaan yang ternyata tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda. Jika dibutuhkan, asuransi unitlink dapat menjadi salah satu alternatif yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar